Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi Tahun 2024

Pada Jum'at, 8 Maret 2024, Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) STT-NF telah mengadakan Pelatihan Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi Tahun 2024 dengan mengundang seluruh satuan kerja STT-NF dan Bapak Dr. Prihandoko, MIT., Ph.D sebagai narasumber dari LAM INFOKOM. Pelatihan ini akan dilaksanakan di Ruang Link dan Match lantai 3, Kampus A STT-NF.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk persiapan akreditasi Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) STT-NF yang kemungkinan akan dilaksanan pada bulan Juli 2024. Selain untuk akreditasi pelatihan tersebut termasuk dalam salah satu program LPMI STT-NF dalam meng-upgrade pengetahuan dan skill terkait seluruh satuan STT-NF sehingga efektif, efisien dan berkualitas ketika pada saat evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang disediakan oleh LPMI.

SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara terencana dan berkelanjutan, hal tersebut sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Pelatihan dimulai jam 09.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 16.30, Dimana narasumber memberikan pelatihan dengan judul “Membangun Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi yang Efektif”. Narasumber menjelaskan bahwa akreditasi merupakan budaya mutu suatu prodi. Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya akreditasi seharusnya dilaksanakan secara rutin bukan sekedar 5 tahunan. Lebih lanjut Bapak Dr. Prihandoko, MIT., Ph.D menjelaskan terkait Standar Nasional Perguruan Tinggi, Standar Pendidikan Tinggi, dan Mutu Pendidikan Tinggi serta bagaimana sistem penjainan mutu perguruan tinggi.

Diakhir pelatihan ini, Bapak Dr. Prihandoko, MIT., Ph.D memberikan pelatihan dokumentasi SPMI yang dituangkan kedalam Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk akreditasi Prodi SI. Para peserta ikut langsung dalam praktik penulisan sehingga mengetahui apa saja dokumen yang diperlukan dan bagaimana penulisan yang baik ketika menuliskan laporan Evaluasi Diri.

Dengan adanya pelatihan Sistem Penjamin Mutu Perguruan Tinggi Tahun 2024 ini, diharapkan STT-NF dapat terus memperbaiki dan mengoptimalkan proses audit mutu internal, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di kampus ini.