Penguatan Tata Laksana AMI Bersama Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A

Pada 10 Februari 2023, LPMI STT Terpadu Nurul Fikri telah melaksanakan "Penguatan Tata Laksana AMI Bersama Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A". Peserta kegiatan terdiri dari 6 orang yang merupakan Auditor AMI Siklus VIII Tahun 2023. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari pembekalan Auditor AMI STT-NF agar dapat melaksanakan AMI dengan tepat guna. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh LPMI, Sambutan, dan materi dari Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A. Tujuan dari pembekalan ini adalah sebagai berikut. 

  1. Memahami fungsi dan peran auditor internal
  2. Memahami kode etik auditor internal
  3. Memahami teknik pelaksanaan AMI 
  4. Memahami teknik penyusunan klasifikasi temuan AMI

Berdasarkan kegiatan Penguatan Tata Laksana AMI Bersama Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A dapat diketahui bahwa Audit Mutu Internal atau biasa disingkat dengan AMI adalah bagian dari evaluasi sumatif. Evaluasi tersebut dilaksanakan pada saat pelaksanaan standar telah selesai. Keterlibatan auditor adalah sebagai fasilitator yang mengkonfirmasi pelaksanaan standar apakah telah mencapai target, melampaui target, atau bahkan menyimpang. Objek evaluasi dari pelaksanaan standar adalah sebagai berikut. 

  1. Kegiatan pelaksanaan suatu standar
  2. Prosedur atau mekanisme pelaksanaan standar
  3. Output dari pelaksanaan standar

Untuk melaksanakan AMI, maka diperlukan persiapan kebutuhan Auditor. Kemudian, sebagai auditor harus memiliki sikap sebagai berikut. 

  1. Auditor wajib bertindak sebagai konselor
  2. Auditor wajib bertindak sebagai fasilitator
  3. Auditor wajib berpola pikir sebagai motivator
  4. Auditor wajib berpola pikir sebagai inspirator

Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan Auditor AMI STT-NF mampu berpola pikir, bersikap, dan bertindak sesuai kriteria yang ditentukan sehingga evaluasi yang dilakukan dalam bentuk AMI dapat efektif dan efisien guna meningkatkan mutu pendidikan STT-NF. 

Salam,

Tim LPMI